www.kertasnasi.com

DISTRIBUTOR KERTAS NASI KFC/McD TERPERCAYA DI-INDONESIA

Jl. Taruna Jaya RT 03/13 No. 104 Ke. Cibubur Kec. Ciracas Jakarta Timur 13720
email : kertasnasi9@gmail.com

Pembuatan Metanol dari Hidrogenasi Katalitik CO2

Untuk mengurangi efek CO2 terhadap lingkungan, dibutuhkan usaha memanfaatkan gas tersebut menjadi produk yang berguna. Salah satu alternatif memanfaatkan CO2 adalah hidrogenasi katalitik gas CO2 menjadi metanol.
Metanol dapat dibuat dari hidrogenasi katalitik CO2, dengan reaksi sebagai berikut :
CO2 + 3H2 CH3OH + H2O
Melalui reaksi ini, CO2 dapat dikonversi menjadi metanol. Konversi tersebut dapat ditingkatkan dengan penggunaan katalis yang berperan mempercepat jalannya reaksi dan mengarahkan reaksi sesuai yang diinginkan.
Metanol adalah salah satu produk pemanfaatan CO2 yang dapat diubah menjadi bahan bakar hidrokarbon cair melalui teknologi konversi yang tersedia pada saat ini. Metanol juga merupakan salah satu produk kimia utama yang dalam jumlah besar digunakan sebagai bahan baku pada berbagai industri seperti formaldehida, klorometana, amina asetat dan juga sebagai alternative energi baru yang ramah lingkungan. Dilihat dari cukup bervariasinya penggunaan metanol, maka perlu dilakukan studi mengenai konversi gas CO2 menjadi metanol.
Kendala yang dihadapi dalam sintesis metanol melalui reaksi hidrogenasi katalitik CO2 diantaranya yaitu:
a. Kondisi operasi tekanan dan temperatur sintesis metanol relatif tinggi. Hal ini menyebabkan tingginya biaya investasi dan operasional.
b. Konversi CO2 dan selektivitas yang rendah sehingga membutuhkan investasi besar untuk mendaur ulang umpan CO2 yang tidak terkonversi.
c. Belum ditemukannya katalis yang optimal untuk mengkonversi CO2 dengan selektivitas yang tinggi terhadap metanol.
Untuk mengatasi kendala tersebut, peneliti terfokus pada pengembangan katalis berbasis Cu dan Zn karena kedua komponen tersebut telah dilaporkan aktif dalam sintesis metanol. Usaha untuk meningkatkan aktivitas katalis agar dapat digunakan pada kondisi operasi yang lebih rendah, dilakukan dengan menambahkan aditif seperti Al, Cr, Mn, Pd, Zr dan Ga untuk membentuk katalis multi komponen. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh aditif Zr pada kinerja katalis CuO/ZnO/Al2O3.



PRODUK-PRODUK LAIN       PRODUK-PRODUK LAIN       PRODUK-PRODUK LAIN


Rekomendasikan Produk Kami Ke Sahabat atau Kerabat Anda, Terima Kasih.

Join Kertasnasi.com Fans Page